Introduction: Apa itu Vintage?

 
Pertanyaan ini selalu bermain di fikiran. Apa sih vintage itu? Vintage umum dengan hal-hal yang berhubungan dengan barang seperti fashion atau perabot juga boleh di kaitkan dengan automotif, tas tangan, jam tangan. Umumnya orang menyebut seperti ini jika mendengar kata "vintage".

Asal Kata  ‘Vintage’

Vintage biasanya merujuk pada sesuatu yang lama/kuno. Tapi kata ini pada awalnya tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang kuno. Berdasarkan dari Wikipedia, Vintage mengacu pada suatu waktu (tahun biasanya) ketika anggur sedang diperap.
Asal katanya sendiri berasal dari “vinum”. “Vinum” ini merupakan bahasa latin yang artinya lebih popular sebagai sebuah minuman dari fermentasi anggur. Kata “vintage”digunakan saat para petani akan memerap anggur. Kemudian vintage mengalami perubahan makna yang cenderung pada sesuatu yang kuno. 

Setidaknya pengertian ini diakui pada masa lalu. Dalam benda misalnya, sesuatu yang disebut vintage biasanya di bawa maksud pada usianya yang lama. Jika usia benda tersebut semakin lama, maka nilai keunikannya semakin bertambah.

Vintage Dalam Berbagai Pengertian

Vintage ini tidak di kategorikan secara general. Vintage mempunyai konteks tertentu. Misalnya, dalam soal perabot, vintage identik dengan model perabot yang usang atau kuno. Bukan bererti barang perabot tersebut dibuat pada masa lampau, vintage dalam perabot lebih menekankan pada design barang tersebut yang dibuat dengan kesan vintage.  
Muncul juga istilah benda-benda antik yang disebut vintage. Benda-benda semacam ini berbeda dengan konsep perabot vintage. Bila perabot vintage lebih pada pembuatan designnya, maka barang antik yang disebut vintage  pada barang yang memang diproduksi pada masa lalu. Umumnya, barang-barang yang dibuat pada tahun 1830 sampai 1930.

 

  

Contoh benda antik vintage

Dalam dunia fashion, vintage umumnya  pada gaya berpakaian tahun 20-an sampai 60-an. Tapi, ada juga yang mengartian vintage pada fashion yang lebih spesifik, yakni sebuah gaya baju dengan banyak sentuhan bungan dan warna yang mencolok. Biasanya lengkap dengan sentuhan pita. Umumnya, gaya berpakaian vintage agak unik tetapi terlihat manis dan tetap menarik. Dalam dunia fotografi, vintage biasanya mengacu pada foto-foto dengan tema hitam putih. Tema-tema foto dengan kesan coklat juga umumnya selalu identik dengan vintage. Kini, foto vintage semakin popular adanya aplikasi media sosial Instagram yang membuat foto lebih terkesan vintage. Istilah vintage juga muncul dalam dunia automotif. Contohnya adalah kereta yang disebut vintage car. Istilah vintage car ini mengacu pada bentuk kenderaan yang dibuat pada kisaran tahun 1919 hingga 1930. Bentuk kereta ini dapat dikenali dengan bak terbuka dan lingkaran body pada bagian ban terlihat lebih membulat. Jenis kereta vintage ini umumnya kini diminati oleh para pengumpul kereta kuno. Kendaraan vintage muncul di berbagai pameran kereta.

 

Nah, jadi segitu dulu deh pengertian vintage. Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan “Apa itu Vintage?”. Jadi, nanti kalau ada yang menanyakan tentang vintage kita bisa ngasihtau sedikit banyaknya yaa ^_^ thank you for reading!

dinila dan uli





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Full Album Lagu Raisa mp3 Terbaru dan Terlengkap

ANGANKU ANGANMU by RAISAxISYANA

Inilah Baju Jaman Dulu yang Kini Ngetrend Lagi